Selasa, 17 November 2015

Peranan dan Dampak Ilmu Alamiah Dasar dan Teknologi



Ø Peranan Ilmu Alamiah dan Teknologi
Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam  semesta yang ada dalam muka bumi ini.
Terbentuknya Ilmu alamiah pasti nya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri untuk kita pelajari,Dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Untuk mendukung pembelajaran ilmu alamiah.teknologi sangat berperan penting dalam hal ini untuk mempermudah pembelajaran.
Ilmu alamiah juga memiliki hubungan yang erat dengan Teknologi dalam peranannya.Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi, telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran pengetahuan semakin tinggi.teknologi yang telah mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia dan menimbulkan perubahan yang sangat mendasar dalam tatanan hubungan antar bangsa ini yang lebih banyak dikendalikan oleh negara-negara maju, serta hubungan kerja sama yang terus meningkat terasa kurang seimbang.
Peranan Ilmu Alamiah dan teknologi secara lebih rinci akan dibahas berikut ini:
1.     Materi
Manusia dalam hidup ini memerlukan materi, baik yang biotis maupun nonbiotis.Materi biotis dari bahan benda hidup berupa protein, sedangkan materi nonbiotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari.
2.     Energi
Dalam kehidupan manusia modern, penggunaan energi semakin meluas, dalam industri dan transportasi, juga menyangkut dalam rumah tangga, mulai dari kompor sampai penggunaan energy listrik untuk untuk AC (Air Conditioned).Energi berwujud dalam berbagai bentuk, yakni dalam bentuk panas, gerak, cahaya, kimia, energi nuklir dan sebagainya.energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia dan dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :
A.   PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
Prinsipnya adalah energi potensial dari air danau diubah menjadi energi listrik melalui turbin yang mengerakan generator.
B.   PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
Prinsipnya, Mesin Diesel menggerakan generator listrik.
C.   PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
Prinsipnya, Reksi Nuklir menghasilkan energi panas, energi panas ini menjadi energi mekanik melelui penguapan air, turbin uap berputar menggerakan generator listrik.
D.   PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
mesin konversi energi yang mengubah energi kimia dalam bahan bakar menjadi energi listrik.

3.     Mesin
Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang yang dipakai.
a)     Mesin Premium
b)    Mesin Diesel
c)     Mesin Uap
d)    Mesin Jet



4.     Komunikasi
Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia.Untuk itu, Ilmu Alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan kepada kita semua mesin cetak, telegrafi, telepon, radio, dan televisi.
a.     Percetakan, ditemukan oleh Guttenberg (1457). sejak awal abad ke-15 percetakan telah digunakan orang sebagai alat penghasil komunikasi massa, yaitu Koran.
b.     Telegraf, telegraf telah ditemukan orang sejak pertengahan abad ke-18 oleh Samuel F. B Morse.
c.      Telepon,telepon ditemukan oleh Alexander G Bell pada tahun 1876.
d.     Radio, dapat mengirimkan dan menerima pesan-pesan melalui pesawat pemancar di udara.
e.      Bioskop atau gambar hidup, merupakan salah satu alat komunikasi massa yang sangat megesankan dan penting artinya bagi kehidupan manusia.
f.       Televisi, merupakan karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun karena terdapat banyak pihak penemu maupun inovator yang terlibat, baik itu perorangan maupun badan usaha.
g.     Satelit komunikasi,dengan adanya satelit komunikasi orang dapat menerima siaran radio dan televisi dalam waktu yang sama, dan melalui satelit komunikasi program video dan film untuk hiburan, pendidikan dll dapat dinikmati di rumah-rumah.

5.     Bioteknologi.
Bioteknologi didefinisikan sebagai perpaduan dari ilmu pengetahuan alam dan ilmu rekayasa yang bertujuan meningkatkan aplikasi organisme hidup, sel, bagian dari organisme hidup, untuk menghasilkan produk dan jasa.Dalam perkembangan lebih lanjut, lahirlah bioteknologi kedokteran, farmasi, pertanian, peternakan, dan sebagainya.



Ø Dampak Ilmu Alamiah Dasar dan Teknologi
Dampak atau efek dari Ilmu Alamiah dan teknologi yang telah dikembangkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga lebih mudah dan menyenangkan, dapat bersifat negatif.
1)    Dampak sehubungan dengan kebutuhan pokok :
a)     Sandang
b)    Papan
c)     Pangan

2)    Dampak sehubungan dengan sumber daya alam :
a)     Minyak bumi
Beberapa dampak negatif minyak bumi :
·        polusi udara karena emisi gas CO2, hidrokarbon sisa pembakaran tak sempurna,logam berat Pb akibat penggunaan TEL
·        berkurangnya cadangan bahan bakar yang tidak terbarukan
b)    Batubara
Dampak negative dari batubara adalah : cacing tambang, gas oksigen dalam area pertambangan yang sangat terbatas dll. Batubara adalah termasuk dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, tetapi karena teknologi maju bahan tersebut dapat didaur ulang (recycling).
c)     Air
Merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui artinya setelah dipakai dapat dibersihkan kembali, tapi pembersihan itu tidak selalu sempurna, sehingga lama kelamaan air bersih yang kita perlukan makin hari makin menurun kuantitas dan kualitasnya.
d)    Hutan, Hewan dan Ternak
Hutan, Hewan dan Ternak adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi teori modern dapat mengakibatkan sumber daya alam tersebut menjaditidak berdaya atau tidak dapat diperbaharui. Misalnya pembababatan hutan habis habisan tunas muda mati dan tidak akan tumbuh lagi.
e)     Tanah
Tanah pertanian sebagai sumber daya sebenarnya dapat diperbaharui artinya tanah itu dapat dipergunakan berulang-ulang bila dipelihara baik-baik misalnya kekurangan zat hara bisa dapat ditambah dengan jalan pemukuan dan sebagainya.Bila pemakaian melampaui batas dapat menjadi rusak, artinya tidak dapat dipergunakan lagi sebagai lahan pertanian.
f)      Sumber Daya Zat Radioaktif
Zat-zat radioaktif merupakan sumber daya alam yang sangat penting, karena zat ini dapat ikut menentukan nasib manusia dimasa mendatang radioaktif untuk menyembuhkan penyakit sekaligus untuk keperluan riset yanglebih dalam pada zat-zat radioaktif.

3)    Dampak sehubungan dengan Ekonomi dan Industri.
Dampak positif :
a.     Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.     Terjadinya industrialisasi
c.      Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
d.     Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
e.      Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
    Dampak negatif:
a.     Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
b.     Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. {mospagebreak}.

4)    Dampak sehubungan dengan bidang Informasi dan Komunikasi

Dampak positif :
a.     Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b.     Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c.      Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
Dampak negatif:
a.     Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b.     Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu.
c.      Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d.     Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.

Contoh kasus:
SEMARANG, suaramerdeka.com – Persiapan pembangunan PLTU di Kabupaten Batang dinilai telah selesai dan selepas lebaran nanti akan dimulai proses pengkajian analisi dampak lingkungan (amdal).
Pelaksana proyek PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) optimis amdal tidak akan menemui masalah karena berdasarkan pengkajian telah disimpulkan bahwa PLTU tidak akan merusak Kawasan Lindung Nasional Taman Wisata Alam Laut Ujungnegoro.
Komisaris PT BPI Eko Budiharjo mengatakan hasil kajian dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip menyatakan bahwa karang laut di Ujungnegoro tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi taman wisata alam laut. “Ternyata, banyak karang yang sudah tertutup lumpur yang dibawa sungai sehingga wilayah itu tidak layak lagi menjadi taman wisata alam laut,” jelasnya.
Menurut mantan Rektor Undip itu, langkah selanjutnya PT BPI akan mengajukan permohonan amdal. Hal itu untuk memastikan tidak ada dampak negatif bagi lingkungan. Amdal akan diajukan selepas Lebaran nanti dan diharapkan secepatnya dapat selesai.
Terkait penolakan dari warga, menurut Prof Eko, hal itu akibat “provokasi” dari pihak-pihak tertentu.Apa yang ditakutkan soal pencemaran lingkungan adalah model PLTU kuno.
Teknologi saat ini sudah dirancang untuk menghindari pencemaran, baik dari cara pengangkutan batu bara maupun sisa pembakarannya. “Jadi seharusnya tidak perlu dikhawatirkan lagi,” katanya.
PT BPI juga telah bekerjasama dengan Pusat Penelitian Pembangunan Partisipatif Undip untuk merekam data warga setempat yang bisa dilibatkan dalam pembangunan dan operasional PLTU.

Komentar saya:
Menurut pendapat saya, penolakan yang dilakukan oleh warga kabupaten Batang adalah wajar karena warga di daerah tersebut tidak ingin lingkungan daerah nya tercemari.Seharusnya PT.BPI bisa lebih meyakinkan warga didaerah tersebut bahwa pihak nya telah menggunakan teknologi yang sudah dirancang untuk menghindari pencemaran lingkungan.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.