Selasa, 11 Februari 2014

Pengertian dari Paragraf Deduktif dan Induktif (Bahasa Indonesia)




Pengertian dari paragraph deduktif, yaitu sebuah paragraf yang berpola dari umum ke khusus, artinya paragraf yang didahului dengan kalimat umum kemudian dikembangkan dengan beberapa kalimat penjelas. Contoh dari paragraph deduktif bias kita temukan di perbagai penyedia artikel, seperti internet, majalah, tabloid dan koran.

Ciri-ciri Paragraf Deduktif
1.Kalimat
utama berada di awal paragraf
2.Kalimat
utama disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan


Contoh Paragraf Deduktif
Contoh 1
Negara adalah
institusi mapan, tetapi tetap dinamis sehingga mampu menganti sipasi segala perubahan yang terjadi. Negara mewadahi seluruh kepentingan masyarakat bangsa. Iahanya menyediakan kerangka umum yang bersifat abstrak, sehingga terbuka untuk ditafsirkan. Sementara pemerintah adalah pranata kontemporer, sebagai penyelenggara Negara dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh konstitusi negara.

Contoh 2
Kebersihan
sangat menjadi masalah di sekolah. Ini terjadi karena banyak murid-murid yang tidak sadar akan kebersihan. Padahal “Kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Contoh
3
Pos
kesehatan di pasar itu memang di khususkan melayani pedagang dan pembeli. Pedagang tidak akan khawatir meninggalkan dagangannya karena haanya berobat masih di kawasan pasar. Mereka dapat antre saat sepi pembeli. “Kebanyakan periksa gula darah dan rematik, mayoritas pasiennya berusia tua,” papar Siti.

Contoh 4
Maka
dari itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti seminggu sekali. Karena, jika lingkungan hidup bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu, kegiatan kerjabakti sangat penting di lingkungansekolah.

Paragraf induktif adalah paragraf yang berpola dari khusus keumum, artinya paragraf yang diawali dengan beberapa kalimat penjelas kemudian ditarik kesimpulan yang berupa umum.Sehingga kalimat utamanya terdapat di akhir paragraf.



ContohParagraf Induktif
Contoh 1
Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel merangkai ceritanya dengan pengembangan imajinasi.Demikian juga seni manakan menggoreskan lukisan didahului dengan imajinasinya kearah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi diperlukan dalam menciptakan suatu karya.

Contoh 2
Oleh sebab itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerjabakti seminggu sekali. Karena, jika lingkungan hidup bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu, kegiatan kerja bakti sangat penting di lingkungan sekolah.

Contoh 3
Penampilannya unik, dalam 1 daun ada dua warna atau lebih. Kelangkaannya membuat ia diburu para kolektor. Harganya menyamai karya seni, meroket ratusan kali lipat. Hanya satu yang diinginkan para kolektor, yaitu keeksklusifannya. Bayangkan saja, peluang satu berbanding satu juta kelahiran.Itulah taman variegate.

Contoh 4
Demam yang tinggi yang terjadi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau biasa disebutmimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bias ditolong dan ditangani dokter

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.